Apa yang bisa anda lakukan di Sanggar Batik Betawi Terogong

Categories:

Sejak awal berdirinya Batik Betawi Terogong  kami bertujuan untuk menghidupkan kembali dan melestarikan batik yang sejak zaman Belanda banyak dibuat di kota Jakarta. Yang dahulu disebut batik Djakarta.

Sebagai penduduk asli Betawi kami ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa orang Betawi pun memiliki batik. Oleh sebab itu kami menamakannya batik Betawi sesuai etnik kami sebagai orang Betawi.

Di sanggar Batik Betawi Terogong yang tidak terlalu besar dan berada di lokasi yang berpenduduk padat kami memberikan kesempatan kepada siapapun yang berkeinginan untuk belajar membatik atau hanya sekedar melihat para ibu yang sedang mengerjakan proses membatik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Jika anda berkunjung dan hanya melihat proses pembuatan batik anda tidak dikenakan biaya apapun.

2. Untuk pelajar SD hingga SMA yang ingin belajar kami mengenakan biaya sebesar Rp. 35 000. Pengunjung  mendapat selembar kain ukuran saputangan dan contoh motif batik untuk dibuat. Kemudian peserta diajarkan cara mencanting dan hasil cantingan akan diwarna. Dan pengunjung dapat membawa pulang hasilnya. Lama belajar  2 – 3 jam.

3. Untuk mahasiswa dan umum dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000. Pengunjung mendapat kain sebesar 57×57 cm dan diajarkan mencanting juga proses mewarna dengan coletan juga celup. Hasilnya pun dapat dibawa pulang. Lama belajar 3 – 4 jam.

4. Untuk pengunjung asing dikenakan biaya sebesar Rp. 75.000 dengan mendapatkan fasilitas yang sama seperti mahasiswa dan umum dengan mendapat tambahan minuman es selendang mayang atau bir pletok sebagai minuman penyambutan.

5. Apabila pengunjung yang ingin belajar dan sekalian mendapat paket makan siang dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 25.000. Makanan dengan menu Betawi. Peserta minimal 5 orang.

6. Untuk peserta lebih dari 5 orang diwajibkan pesan terlebih dahulu. Minimal sehari sebelum pelaksanaan.

7. Pengunjung pun dapat membeli hasil produksi batik Betawi Terogong berupa kain, baju jadi pria , dompet , sandal dan juga kaos.

7. Waktu belajar di mulai pukul 10.00 WIB – pukul 16.00 WIB.

8. Untuk hari Sabtu dan Minggu waktu belajar buka lebih awal pukul.09.00 WIB

Anda bisa menghubungi no kontak 0819 0558 0807 untuk WA dan line dan 081314362001 untuk telpon dan sms.

” Tinggal di Betawi kudu pake batik Betawi”

Selayang pandang Batik Betawi Terogong

Categories:

Batik Betawi Terogong didirikan atas dasar keinginan untuk menghidupkan kembali batik yang pernah ada di Jakarta. Sebagian besar masyarakat Jakarta sendiri bahkan orang Betawi sebagai penduduk  asli yang dilahirkan tahun 70 an ke atas tidak pernah tahu tentang keberadaan pengrajin batik di Jakarta. Sebagai penduduk asli yang pernah menyaksikan masa dimana banyak kaum ibu yang bekerja sebagai pembatik di kampung Terogong dan sekitarnya , merasa tertantang untuk bangkit kembali dan hadir bersama dengan batik-batik dari daerah lain mewarnai khasanah perbatikan di negeri ini. Selain itu keberadaan batik Betawi Terogong diharapkan dapat memberdayakan ibu rumah tangga yang di waktu senggangnya  dapat digunakan untuk kegiatan positif , bermanfaat dan produktif.

Betawi Punya Batiknya Sendiri_6

Batik Betawi Terogong keberadaannya berkat bantuan LKB ( Lembaga Kebudayaan Betawi ) yg bekerjasama dg Seraci batik . Pelatihan yg cukup singkat selama.3 bulan tidak membuat gentar untuk memulai dan bisa mandiri . Dan dengan penuh percaya diri serta doa pengharapan kepada yang maha Kuasa Batik Betawi Terogong mulai didirikan tepatnya pada bulan Oktober tahun 2012 berbarengan dg peringatan hari batik nasional.

Dinamakan Batik Betawi Terogong karena untuk membedakan dengan batik Betawi lain yang sudah ada lebih dahulu  dan juga untuk.mengabadikan kampung Terogong itu sendiri.

Batik Betawi Terogong menciptakan batik tulis dan batik cap. Motif yang dibuat sangat beragam menyimbolkan Betawi yang ada di ibu kota sebagai kota metropolitan. Juga menciptakan motif flora yang pernah banyak tumbuh di Jakarta tempo dulu yang saat ini sudah langka.