Sumber: http://kabarinews.com/penasaran-batik-betawi-ini-dia-penampakannya/79027

KabariNews – Lumrah diketahui, biasanya kita mengenal batik identik dengan Batik Pekalongan, Batik Solo, Batik Cirebon atau daerah lainnya di Indonesia. Lantas bagaimana dengan Jakarta,   Apakah kota ini juga mempunyai batiknya sendiri? Ya, jika kebetulan Anda sedang berada di Jakarta Selatan tepatnya di wilayah Cilandak Barat, disana terdapat dua tempat dimana Anda dapat melihat penampakan dari Batik Betawi.

Tempat pertama adalah  Batik Betawi Terogong yang berada di Jl. Terogong III No.27 009/10. Cilandak Barat. Dan tempat kedua, Batik Betawi Gandaria. Lokasi kedua tempat tersebut tidak terlalu jauh dan didirikan juga pada tahun yang sama.   Batik Betawi Gandaria berdiri sejak tahun 2012. Penggagas utamanya yaitu Hj. Umi Sumiyati yang  kepiawaiaannya dalam  membatik ditularkan kepada masyarakat Betawi di berbagai kampung, salah satunya adalah Nur Yaum Rachmat. Nur Yaum Rachmat yang kini mengelola Batik Betawi Gandaria.

[huge_it_gallery id=”2″]

Sedangkan Batik Betawi Terogong berdiri pada tanggal 5 September 2012. Nama “Terogong” sendiri  diambil dari nama kampung di wilayah Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan yang sampai saat ini masih dihuni oleh mayoritas Masyarakat Betawi. Batik Betawi Terogong didirikan oleh sekelompok keluarga Betawi  termasuk Siti Laela yang peduli terhadap kebudayaan Betawi di tengah-tengah Jakarta yang semakin kosmopolit. Tertarik berkunjung kesana? (1009)