Batik Betawi Terogong didirikan atas dasar keinginan untuk menghidupkan kembali batik yang pernah ada di Jakarta. Sebagian besar masyarakat Jakarta sendiri bahkan orang Betawi sebagai penduduk  asli yang dilahirkan tahun 70 an ke atas tidak pernah tahu tentang keberadaan pengrajin batik di Jakarta. Sebagai penduduk asli yang pernah menyaksikan masa dimana banyak kaum ibu yang bekerja sebagai pembatik di kampung Terogong dan sekitarnya , merasa tertantang untuk bangkit kembali dan hadir bersama dengan batik-batik dari daerah lain mewarnai khasanah perbatikan di negeri ini. Selain itu keberadaan batik Betawi Terogong diharapkan dapat memberdayakan ibu rumah tangga yang di waktu senggangnya  dapat digunakan untuk kegiatan positif , bermanfaat dan produktif.

Betawi Punya Batiknya Sendiri_6

Batik Betawi Terogong keberadaannya berkat bantuan LKB ( Lembaga Kebudayaan Betawi ) yg bekerjasama dg Seraci batik . Pelatihan yg cukup singkat selama.3 bulan tidak membuat gentar untuk memulai dan bisa mandiri . Dan dengan penuh percaya diri serta doa pengharapan kepada yang maha Kuasa Batik Betawi Terogong mulai didirikan tepatnya pada bulan Oktober tahun 2012 berbarengan dg peringatan hari batik nasional.

Dinamakan Batik Betawi Terogong karena untuk membedakan dengan batik Betawi lain yang sudah ada lebih dahulu  dan juga untuk.mengabadikan kampung Terogong itu sendiri.

Batik Betawi Terogong menciptakan batik tulis dan batik cap. Motif yang dibuat sangat beragam menyimbolkan Betawi yang ada di ibu kota sebagai kota metropolitan. Juga menciptakan motif flora yang pernah banyak tumbuh di Jakarta tempo dulu yang saat ini sudah langka.